ZAMAN SEBENARNYA
07.50 |
Zaman dimulai dari Adam, Idris, Nuh, Hud, Shaleh .… Muhammad. BukaN zaman Batu, Gangsa, Logam dan Modern seperti yang dipekikkan oleh teori evolusi. Zaman Muhammad terbagai menjadi 5 fase yaitu fase Nabi (Nabi masih hidup), Khilafah (Khulafa Arrosyidin), Kerajaan menggigit (artinya menyerahkan kekuasaan kepada keturuanan saja seperti Umayyah, Abbasyiah, dan Utsmaniah) , kerajaan menyombong (masa SEKARANG) dan kembali khilafah. Hal ini sesusai dengan Sabda Nabi bahwa
Zaman Nabi itu ada ditengah-tengah kalian, adanya atas kehendak Allah, kemudian Allah akan mengangkatnya apabila Allah menghendaki. Selanjutnya adalah zaman khilafah yang mengikuti jejak kenabian, adanya atas kehendak Allah, kemudian Allah akan mengangkatnya apabila Allah menghendaki. Selanjutnya masa kerajaan menggigit adanya atas kehendak Allah, kemudian Allah akan mengangkatnya apabila Allah menghendaki. Selanjutnya masa kerajaan yang menyombong adanya atas kehendak Allah, kemudian Allah akan mengangkatnya apabila Allah menghendaki. Selanjutnya masa khilafah yang mengikuti jejak kenabian. Kemudian Rasul diam (HR Ahmad dan Baihaqi). Diamnya Rasul di sini ditafsirkan sebagai sejarah manusia sudah tamat.
Pada fase ke4 dijelaskan oleh Rasul bahwa akan datang satu fitnah yang paling besar yaitu al Masih Ad Dajjal. Selanjutnya Dajjal akan diperangi Oleh Nabi Isa dan turunnya Imam Mahdi. Nabi isa dan Imam Mahadi akan mengantarkan zaman masuk ke fase ke 5 yaitu fase kembalinya Khilafah. JADI BUAT APA KITA MEMBESARKAN URAT LEHER KITA SEKARANG UNTUK MEMBANGUNG PEMERINTAH KHILAFAH, KARENA KHILAFAH TIDAK AKAN TERWUJUD PADA FASE KE 4 INI TETAPI KHILAFAH AKAN TERWUJUD SETELAH NABI ISA DAN IMAM MAHDI TURUN. BUKANKAH RASUL SUDAH MENJELASKAN ZAMAN-ZAMAN ITU????
Contoh RPP Bahasa Indonesia
10.40 |
RENCANA PELAKSANAANAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP Islam Ma’arif 02 Malang
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
VIII (Delapan)/ 1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Memahami Ragam Wacana Tulis Dengan Membaca Memindai
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.1.Menemukan Informasi Secara Cepat Dan Tepat Dari
Ensiklopedi/Buku Telepon Dengan Membaca Memindai.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 Menit
|
A.
Tujuan Pembelajaran
- Pertemuan Pertama:
§ Peserta didik dapat
menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/ buku telepon
dengan membaca memindai
§
Peserta
didik dapat informasi paling lengkap, cepat, dan tepat.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
B.
Materi Pembelajaran
Membaca memindai
1
Buku telepon/ buku ensiklopedi
2
Cara- cara membaca memindai
C.
Metode Pembelajaran
Pemodelan
Inkuiri
Demonstrasi
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1.
Kegiatan Awal
Apersepsi :
§ Peserta didik mencari dan
menemukan ensiklopedi/buku telepon di perpustakaan.
§ Peserta didik dan guru
bertanya jawab tentang informasi, ensiklopedi, dan buku telepon.
§ Peserta didik dan guru
bertanya jawab tentang membaca memindai dan manfaatnya
Motivasi :
§ Mengidentifikasi
informasi- informasi yang dapat diperoleh dari ensiklopedi/ buku telepon
2.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu bercerita dengan urutan yang
baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F melibatkan peserta didik mencari informasi
yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan
menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran.
F memfasilitasi peserta didik informasi paling lengkap,
cepat, dan tepat.
F memfasilitasi Peserta didik dapat menemukan informasi sesuai
dengan kepentingan dalam waktu yang singkat
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi Peserta
didik dan guru menugaskan siswa mencari tahu cara menemukan informasi dengan
membaca memindai
F menfasilitasi peserta
didik dan guru menugaskan siswa membawa/meminjam ensiklopedia atau buku telepon
di perpustakaan
F memfasilitasi peserta
didik memilih informasi yang diinginkan dari ensiklopedia atau buku telepon.
F memfasilitasi peserta
didik membaca memindai ensiklopedia atau buku telepon
F memfasilitasi peserta
didik menyampaikan informasi yang diperoleh dari ensiklopedia atau buku telepon
F memfasilitasi peserta
didik menanyakan yang belum difahami
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyampaikan gagasannya;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam sanjungan atas keaktifannya mengikuti pembelajaran,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
agar pemahaman
siswa semakin melekat,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru mengajak siswa untuk
menyimpulkan hasil pembelajaran
3.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Bersama peserta didik membuat rangkuman/simpulan dari pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
E.
Sumber
Belajar
1
Buku teks
2
Buku
telepon
3
Buku
ensiklopedi
F.
Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
· Mampu menemukan subjek
informasi secara cepat dan tepat
· Mampu menemukan
informasi secara cepat dan tepat
· Mampu mengemukakan
kembali informasi itu dengan bahasa sendiri
|
Observasi
Tes praktik/kinerja
|
Lembar observasi
|
§ Apakah siswa
menemukan kata ”lema” dalam waktu 10
detik? Ya/tidak
§ Apakah informasi
tentang ... ditemukan dalam waktu 2 menit? Ya/tidak
§ Kemukakan
informasi yang kamu peroleh secara lisan!
|
·
Pedoman penskoran.
1. Sebutkan tiga jenis subjek informasi yang dapat
diperoleh dari ensiklopedi!
Pedoman penskoran
|
Menyebutkan 3 jenis
subjek
|
Menyebutkan
2 jenis subjek
|
Menyebutkan
1 jenis subjek
|
Tidak menyebutkan jenis
subjek
|
|
skor 3
|
skor 2
|
Skor 1
|
Skor 1
|
|
|
|
|
|
2. Sebutkan tiga jenis subjek informasi yang dapat
diperoleh dari buku telepon
Pedoman
penskoran
|
Menyebutkan 3 jenis
subjek
|
Menyebutkan
2 jenis subjek
|
Menyebutkan
1 jenis subjek
|
Tidak menyebutkan jenis
subjek
|
|
skor 3
|
skor 2
|
Skor 1
|
Skor 1
|
|
|
|
|
|
3. Temukan
informasi dari subjek (ensiklopedia) yang telah
kamu temukan secara cepat dan tepat!
Pedoman penskoran
|
Waktu 0-2 menit
|
Waktu 3-4 menit
|
Waktu lebih dari 4 menit
|
skor 3
|
Skor 2
|
Skor 1
|
|
|
|
|
|
4. Ungkapkan secara lisan informasi yang kamu
peroleh !.
Pedoman penskoran
|
Menyebutkan dengan tepat dan lengkap
|
Menyebutkan
kurang lengkap dan tepat
|
Menyebutkan tidak lengkap
|
skor 3
|
Skor 2
|
Skor 1
|
|
|
|
|
|
Skor maksimum
No 1 : 3
No 2 : 3
No 3 : 3
No 1 : 3
Jumlah: 12
Penghitungan nilai akhir:
Perolehan skor
Nilai Akhir : x skor
ideal (100) = ..........
Skor maksimum
Mengtahui, Malang, 23 September 2011
Kepala SMP Islam Ma’arif 02 Malang Guru Mapel Bahasa Indonesia
( Drs. B A R M I N,
M. P.d )
( R A M A D H A N )
NIP : 1959 0402 1987 03 1 008
Langganan:
Postingan (Atom)
Copyright: Blog Trik dan Tips - http://blogtrikdantips.blogspot.com/2012/04/cara-membuat-burung-terbang-twitter.html#ixzz1wvdLqFy3
Tolong sertakan link ini jika mengkopi artikel diatas. Terima kasih