RENCANA PELAKSANAANAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP Islam Ma’arif 02 Malang
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
VIII (Delapan)/ 1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Memahami Ragam Wacana Tulis Dengan Membaca Memindai
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.1.Menemukan Informasi Secara Cepat Dan Tepat Dari
Ensiklopedi/Buku Telepon Dengan Membaca Memindai.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 Menit
|
A.
Tujuan Pembelajaran
- Pertemuan Pertama:
§ Peserta didik dapat
menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/ buku telepon
dengan membaca memindai
§
Peserta
didik dapat informasi paling lengkap, cepat, dan tepat.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
B.
Materi Pembelajaran
Membaca memindai
1
Buku telepon/ buku ensiklopedi
2
Cara- cara membaca memindai
C.
Metode Pembelajaran
Pemodelan
Inkuiri
Demonstrasi
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1.
Kegiatan Awal
Apersepsi :
§ Peserta didik mencari dan
menemukan ensiklopedi/buku telepon di perpustakaan.
§ Peserta didik dan guru
bertanya jawab tentang informasi, ensiklopedi, dan buku telepon.
§ Peserta didik dan guru
bertanya jawab tentang membaca memindai dan manfaatnya
Motivasi :
§ Mengidentifikasi
informasi- informasi yang dapat diperoleh dari ensiklopedi/ buku telepon
2.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu bercerita dengan urutan yang
baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F melibatkan peserta didik mencari informasi
yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan
menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran.
F memfasilitasi peserta didik informasi paling lengkap,
cepat, dan tepat.
F memfasilitasi Peserta didik dapat menemukan informasi sesuai
dengan kepentingan dalam waktu yang singkat
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi Peserta
didik dan guru menugaskan siswa mencari tahu cara menemukan informasi dengan
membaca memindai
F menfasilitasi peserta
didik dan guru menugaskan siswa membawa/meminjam ensiklopedia atau buku telepon
di perpustakaan
F memfasilitasi peserta
didik memilih informasi yang diinginkan dari ensiklopedia atau buku telepon.
F memfasilitasi peserta
didik membaca memindai ensiklopedia atau buku telepon
F memfasilitasi peserta
didik menyampaikan informasi yang diperoleh dari ensiklopedia atau buku telepon
F memfasilitasi peserta
didik menanyakan yang belum difahami
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyampaikan gagasannya;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam sanjungan atas keaktifannya mengikuti pembelajaran,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
agar pemahaman
siswa semakin melekat,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru mengajak siswa untuk
menyimpulkan hasil pembelajaran
3.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Bersama peserta didik membuat rangkuman/simpulan dari pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
E.
Sumber
Belajar
1
Buku teks
2
Buku
telepon
3
Buku
ensiklopedi
F.
Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
· Mampu menemukan subjek
informasi secara cepat dan tepat
· Mampu menemukan
informasi secara cepat dan tepat
· Mampu mengemukakan
kembali informasi itu dengan bahasa sendiri
|
Observasi
Tes praktik/kinerja
|
Lembar observasi
|
§ Apakah siswa
menemukan kata ”lema” dalam waktu 10
detik? Ya/tidak
§ Apakah informasi
tentang ... ditemukan dalam waktu 2 menit? Ya/tidak
§ Kemukakan
informasi yang kamu peroleh secara lisan!
|
·
Pedoman penskoran.
1. Sebutkan tiga jenis subjek informasi yang dapat
diperoleh dari ensiklopedi!
Pedoman penskoran
|
Menyebutkan 3 jenis
subjek
|
Menyebutkan
2 jenis subjek
|
Menyebutkan
1 jenis subjek
|
Tidak menyebutkan jenis
subjek
|
|
skor 3
|
skor 2
|
Skor 1
|
Skor 1
|
|
|
|
|
|
2. Sebutkan tiga jenis subjek informasi yang dapat
diperoleh dari buku telepon
Pedoman
penskoran
|
Menyebutkan 3 jenis
subjek
|
Menyebutkan
2 jenis subjek
|
Menyebutkan
1 jenis subjek
|
Tidak menyebutkan jenis
subjek
|
|
skor 3
|
skor 2
|
Skor 1
|
Skor 1
|
|
|
|
|
|
3. Temukan
informasi dari subjek (ensiklopedia) yang telah
kamu temukan secara cepat dan tepat!
Pedoman penskoran
|
Waktu 0-2 menit
|
Waktu 3-4 menit
|
Waktu lebih dari 4 menit
|
skor 3
|
Skor 2
|
Skor 1
|
|
|
|
|
|
4. Ungkapkan secara lisan informasi yang kamu
peroleh !.
Pedoman penskoran
|
Menyebutkan dengan tepat dan lengkap
|
Menyebutkan
kurang lengkap dan tepat
|
Menyebutkan tidak lengkap
|
skor 3
|
Skor 2
|
Skor 1
|
|
|
|
|
|
Skor maksimum
No 1 : 3
No 2 : 3
No 3 : 3
No 1 : 3
Jumlah: 12
Penghitungan nilai akhir:
Perolehan skor
Nilai Akhir : x skor
ideal (100) = ..........
Skor maksimum
Mengtahui, Malang, 23 September 2011
Kepala SMP Islam Ma’arif 02 Malang Guru Mapel Bahasa Indonesia
( Drs. B A R M I N,
M. P.d )
( R A M A D H A N )
NIP : 1959 0402 1987 03 1 008
0 komentar:
Posting Komentar